Ds. Kedawung, RT : 12 / RW : 04, Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen, Propinsi Jawa Tengah, Kode Pos : 57271, Hp: 085743269543, Email : mindcrosser_13@yahoo.co.id

Jumat, 07 Agustus 2009

SKRIPSI

PENGARUH KOMPOSISI SERBUK KULIT KAYU GEMOR DAN JUMLAH PEREKAT UREA FORMALDEHYDE TERHADAP SIFAT PRODUK BENTUKAN (Molded Product) KAYU JATI


INTISARI

Oleh :

1) Yohanes Kelik Bekti Subagyo dan 2) T. A. Prayitn0


Tingkat efisiensi pemanfaatan kayu mulai dari proses pemanenan ke industri pengolahan kayu masih relatif rendah, ditandai dengan rendemen yang rendah serta menghasilkan limbah yang besar. Serbuk gergaji merupakan salah satu limbah dari industri penggergajian kayu yang jumlahnya cukup banyak. Limbah serbuk gergaji tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai produk turunan, terutama produk bentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi faktor komposisi serbuk kulit kayu gemor dan jumlah perekat Urea Formaldehyde terhadap sifat fisika dan keteguhan rekat (internal bonding) produk bentukan (Molded Product) kayu jati (Tectona Grandis).

Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan percobaan faktorial dengan dua faktor, yaitu faktor komposisi serbuk kulit kayu gemor yang terdiri dari 4 aras yaitu komposisi serbuk kulit kayu gemor 0%, 10%, 25% dan 50% serta faktor jumlah perekat Urea Formaldehyde (UF) yang terdiri dari 3 aras yaitu jumlah perekat UF sebanyak 5%, 7,5% dan 10%. Hasil analisis varians yang memberikan perbedaan nyata diuji lanjut dengan Metode Tukey HSD. Pengujian sifat produk bentukan kayu jati meliputi kadar air, kerapatan, penyerapan air, pengembangan tebal serta keteguhan rekat (internal bonding). Pembuatan contoh uji dan pengujian mengikuti standar ASTM D 5524-93.

Penelitian ini menghasilkan nilai rata-rata kadar air sebesar 9,839%, kerapatan sebesar 0,983 g/cm3, penyerapan air sebesar 39,498%, pengembangan tebal sebesar 16,804%, dan ketegauhan rekat (internal bonding) sebesar 4,341 kg/cm2. Interaksi faktor komposisi serbuk kulit kayu gemor dan jumlah perekat UF berpengaruh sangat nyata terhadap nilai penyerapan air dan keteguhan rekat (internal bonding). Nilai rata-rata penyerapan air terendah sebesar 29,187% pada taraf interaksi komposisi serbuk kulit kayu gemor 0% dan jumlah perekat UF 7,5%, sedangkan nilai rata-rata keteguhan rekat tertinggi sebesar 8,348 kg/cm2 pada taraf interaksi komposisi serbuk kulit kayu gemor 50% dan jumlah perekat UF 5%.

Kata kunci : Produk bentukan, kayu jati, kulit kayu gemor, perekat Urea Formaldehyde.

1 Mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada
2 Staf Pengajar Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada



PENDAHULUAN

Setiap industri pengolahan kayu menghasilkan limbah berupa sisa-sisa kayu yang tidak dapat digunakan untuk membuat produk utama. Kollman et al. (1975 : 313) menyatakan pabrik yang mengetam kayu menghasilkan 10% limbah kayu, tetapi bahannya berasal dari penggergajian yang menghasilkan 30% limbah kayu. Menurut Kasmudjo dan Chumaedi (1986 : 1), dalam industri pengolahan kayu selalu dijumpai limbah yang jumlahnya relatif besar yaitu 40-60%, limbah ini dapat berupa potongan log, serbuk amplas, potongan kayu gergajian, potongan venir kayu, potongan pinggir plywood dan masih banyak lagi lainnya.

Serbuk gergaji merupakan salah satu limbah dari industri penggergajian kayu yang jumlahnya cukup banyak. Menurut Rachman dan Karnasudirdja (1982 : 1) besar limbah serbuk gergaji yang berasal dari industri penggergajian adalah 15 %, yang terdiri dari 2,5 % serbuk dari unit utama, 13 % serbuk dari unit kedua, dan 0,1 % dari unit Trimmer. Menurut Prawirohatmodjo (1995 : 22) apabila limbah dimanfaatkan akan diperoleh produk-produk dengan nilai tinggi meskipun dibuat dari bahan bernilai rendah disamping adanya penghematan biaya bahan baku.

Tingkat efisiensi pemanfaatan kayu mulai dari proses pemanenan ke industri pengolahan kayu masih relatif rendah, ditandai dengan rendemen yang rendah serta menghasilkan limbah yang besar. Purwanto (1994) dalam Setyawati (2003 : 2) menyatakan besarnya jumlah limbah kayu berasal dari komposisi limbah pada kegiatan pemanenan dan industri pengolahan kayu adalah sebagai berikut :
1. Pada pemanenan kayu, limbah umumnya berbentuk kayu bulat, mencapai 66,16 %.
2. Pada industri penggergajian, limbah kayu meliputi serbuk gergaji 10,6 %, Sebetan 25,9 % dan potongan 14,3 %, dengan total limbah sebesar 50,8 % dari jumlah bahan baku yang digunakan.
3. Limbah pada industri kayu lapis meliputi limbah potongan 5,6 %, serbuk gergaji 0,7 %, sampah venir basah 24,8 %, sampah vinir kering 12,6 % sisa kupasan 11 % dan potongan tepi kayu lapis 6,3 %. Total limbah kayu lapis ini sebesar 61 % dari jumlah bahan baku yang digunakan.

Semua bahan-bahan limbah diatas bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai produk turunan, terutama produk bentukan. Pemanfaatan limbah ini mungkin tidak bisa secara langsung mengurangi jumlah pohon yang dibutuhkan dan ditebang di hutan, tetapi paling tidak bisa meningkatkan rendemen pemanfaatan kayu, menaikkan nilai kayu (terutama limbahnya), dan memenuhi kebutuhan manusia akan produk kayu yang bisa dipenuhi dengan produk turunan.

Limbah kayu yang bisa digunakan untuk pembuatan produk turunan yang ukurannya relatif kecil, jumlahnya relatif banyak dan bisa menampung dari beberapa tingkat proses kayu diatasnya adalah serbuk kayu. Prayitno (1995 : 32) menyebutkan bahwa serbuk kayu adalah partikel kecil yang sangat lembut yang dihasilkan dari kayu yang dikecilkan dengan ball mill atau alat sejenis sampai menyerupai serbuk gandum, biasannya lolos kehalusan 40 mesh. Serbuk kayu digunakan secara luas pada pembuatan linoleum, bom nitro gliserin, pembuatan kertas, kardus, dan bermacam-macam produk plastik serta produk bentukan lainnya. Bahan yang digunakan untuk pembuatan produk bentukan berupa serbuk kayu karena kelimpahannya yang relatif dan lebih fleksibel penggunaannya.

Produk turunan yang dipilih dalam penelitian ini adalah produk bentukan. Maloney (1977 : 108) menyebutkan bahwa produk bentukan merupakan produk campuran serbuk kayu dan lebih dari 25 % perekat yang dapat terdiri dari bermacam-macam bentuk. Dipilih produk bentukan karena produk bentukan memiliki bentuk permukaan datar tiga dimensi dan memiliki bentuk luar yang berbeda pada bagian depan dan belakangnya. Produk bentukan mempunyai variasi bentuk dari hampir datar sampai bentuk gambar yang agak rumit dan cekung karena dilakukan dengan membentuk bahan (serbuk kayu dan perekat) pada cetakan kemudian diberi tekanan.

Kayu jati (Tectona sp.) termasuk dalam famili Verbenaceae yang mempunyai berat jenis berkisar antara 0,62-0,75 dengan berat jenis rata-ratanya 0,67. Kayu jati termasuk dalam kelas awet II dan kelas kuat II. Kayu jati (Tectona sp.) dapat digolongkan ke dalam kayu mewah, mempunyai corak dekoratif yang indah dan mempunyai sifat pengerjaan yang relatif mudah. Kayu jati dapat di bentuk menjadi berbagai barang seperti mebel, perkakas, maupun konstruksi. Daerah penyebaran jati ini antara lain di seluruh Jawa, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Maluku, dan Lampung (Martawijaya et al., 1981 : 42). Oleh karena memiliki sifat-sifat yang baik dan kenampakan yang bagus, kayu jati tetap menjadi permintaan masyarakat yang utama dan banyak digunakan untuk berbagai keperluan dibandingkan dengan kayu yang lain, terutama untuk kayu konstruksi, sehingga banyak ditemukan tempat-tempat penggergajian kayu jati yang menghasilkan limbah yang tidak sedikit jumlahnya.
Dengan ditemukannya banyak limbah kayu jati yang tidak terpakai, maka sangat baik jika limbah tersebut digunakan sebagai bahan baku pembuatan produk bentukan. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk bentukan, mengurangi jumlah limbah kayu jati di industri hulu, dan menambah nilai guna limbah kayu jati yang sudah tidak dapat dimanfaatkan sehingga dapat menaikkan pendapatan.

Gemor (Alsodophane sp.) atau gembor dikenal sebagai pohon tebang 45. Artinya, sekali ditebang, di sekeliling tonggak bekas pohon akan bermunculan anakan-anakan pohon yang jumlahnya empat, lima, bahkan lebih. Pohon ini masih merupakan tanaman hutan, belum dibudidayakan. Di era tahun 90-an banyak kulit gemor yang berasal dari kayu tua dengan diameter sekitar 50 cm. Namun, saat ini pohon gemor usia tiga tahun berdiameter 20 cm pun sudah diambil kulitnya.

Kulit gemor yang telah dikelupas atau disayat kemudian dijemur. Pengeringan kulit gemor hanya butuh waktu sekitar dua hari apabila panas terik. Kulit kayu gemor ketika dikeringkan akan menyusut hingga sekitar 40 persen Anehnya, meski kulit kayu telah dijemur hingga kering, kalau dimasukkan ke dalam air atau saling digesekkan, kulit kayu itu kembali mengeluarkan getah yang lengket (Saptowalyono, 2007 : 1). Kulit kayu gemor dapat dijadikan bahan baku obat nyamuk, dupa hio, dan lem.

Kegiatan mencari kulit kayu gemor telah lama dilakukan penduduk di Kalteng, makin marak setelah adanya larangan ”kerja kayu” (istilah setempat untuk menyebut aktivitas penebangan hutan) (Saptowalyono, 2007 : 1). Data Kantor Wilayah Departemen Kehutanan Provinsi Kalteng menunjukkan, tahun 2002 produksi hasil hutan ikutan berupa kulit kayu gemor tercatat 39,12 ton dan menurun menjadi hanya 4,44 ton di tahun 2003. Bahkan, data terakhir tahun 2004 tak tercatat produksi komoditas ini meskipun di lapangan bisnis kulit kayu gemor terus menggeliat (Saptowalyono, 2007 : 1).

Penelitian ini menggunakan perekat Urea Formaldehyde (UF). Maloney (1977 : 166) menyebutkan bahwa keuntungan jenis perekat ini antara lain harganya murah, mudah penanganannya, proses pematangan cepat dan tidak meninggalkan bekas-bekas warna pada papan yang dihasilkan. Jumlah perekat, jika ditambah dengan batas teretentu (sekitar 6-10%) akan meningkatkan sifat mekanika (Tsoumis 1991 : 378). Perekat UF termasuk perekat matang panas atau thermosetting yang berarti akan mengeras dan matang setelah dikenai panas dan atau tekanan berikutnya. Perekat UF juga merupakan perekat yang sering digunakan dan cocok untuk penggunaan interior. Menurut Kollman et al. (1975 : 25), bahwa semakin banyak perekat yang dilaburkan sampai batas tertentu, akan semakin tinggi pula kekuatan kayu lapis yang dihasilkan, namun pemakaian perekat yang terlalu banyak tidak dianjurkan dengan pertimbangan faktor ekonomi.



BAHAN DAN METODE PENELITIAN

Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah serbuk kayu jati (Tectona sp.), serbuk kulit kayu gemor (Alsodophane sp.), perekat Urea Formaldehyde (UF) tipe UA 125 (resin padat 50%) dan, hardener NH4Cl (amonium klorida). Ukuran serbuk kayu jati dan serbuk kulit kayu gemor masing-masing adalah lolos saringan 100 mesh, yang diperoleh dari pabrik obat nyamuk bakar Fumakilla, Tangerang, Jawa Barat. Sedangkan perekat UF diperoleh dari PT. Pamolite Adhesive Industri, Probolinggo.

Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap yang disusun secara faktorial. Faktor pertama adalah faktor komposisi serbuk kulit kayu gemor terdiri dari komposisi serbuk kulit kayu gemor 0%, 10%, 25% dan 50%. Faktor kedua adalah faktor jumlah perekat Urea Formaldehyde (UF) terdiri dari jumlah Perekat UF sebanyak 5%, 7,5% dan 10%. Dari kedua faktor tersebut di atas akan diperoleh dua belas kombinasi perlakuan dengan ulangan yang dilakukan sebanyak tiga kali. Adapun parameter produk bentukan yang diuji meliputi kadar air, kerapatan, penyerapan air, pengembangan tebal, dan uji keteguhan rekat (internal bonding).

Pembuatan produk bentukan dilakukan dengan terlebih dahulu menimbang serbuk kayu jati dan serbuk kulit kayu gemor dengan dasar pertimbangan ukuran cetakan, kerapatan serbuk kayu jati dan serbuk kulit kayu gemor, kadar air serbuk kayu jati dan serbuk kulit kayu gemor, tebal produk bentukan yang akan dihasilkan, dan kerapatan produk bentukan yang akan dihasilkan.

Rumus untuk menghitung kadar air (KA) serbuk kayu jati :

Kadar air (KA) = (Berat basah – Berat kering tanur) : Berat kering tanur x 100 %

Rumus untuk menghitung kerapatan serbuk kayu jati :

Kerapatan = Berat basah (Bb) : {{Kadar air (Ka) / 100} + 1} x Volume

Rumus untuk menghitung berat serbuk kayu jati yang dibutuhkan untuk membuat 1 buah produk bentukan :

Vol (cm3) = 1/4 x л x (diameter)2 x tebal (3 mm)

Bkt (g) = Kerapatan produk bentukan (0,8) x volume x (100% - %variasi) x (1/kerapatan serbuk kayu jati)

Bb (g) = Bkt x {{Kadar air (Ka) / 100} + 1}

Keterangan :
Bkt : Berat kering tanur dari serbuk kayu jati yang dibutuhkan untuk membuat 1 buah produk bentukan.
Bb : Berat basah dari serbuk kayu jati yang dibutuhkan untuk membuat 1 buah produk bentukan.

Rumus untuk menghitung kadar air (KA) serbuk kulit kayu gemor :

Kadar air (KA) = (Berat basah – Berat kering tanur) : Berat kering tanur x 100 %

Rumus untuk menghitung kerapatan serbuk kulit kayu gemor :

Kerapatan = Berat basah (Bb) : {{Kadar air (Ka) / 100} + 1} x Volume

Rumus untuk menghitung berat serbuk kulit kayu gemor yang dibutuhkan untuk membuat 1 buah produk bentukan :

Vol (cm3) = 1/4 x л x (diameter)2 x tebal (3 mm)

Bkt (g) = Kerapatan produk bentukan (0,8) x volume x (...% variasi) x (1/kerapatan serbuk kulit kayu gemor)

Bb (g) = Bkt x {{Kadar air / 100} + 1}

Keterangan :
Bkt : Berat kering tanur dari serbuk kulit kayu gemor yang dibutuhkan untuk membuat 1 buah produk bentukan.
Bb : Berat basah dari serbuk kulit kayu gemor yang dibutuhkan untuk membuat 1 buah produk bentukan.

Perekat UF dihitung atas dasar pertimbangan variasi komposisi penambahan perekat UF, yaitu sebesar 5 %, 7,5 %, dan 10 % dari berat kering tanur total serbuk yang dibutuhkan untuk membuat satu buah produk bentukan. Serbuk kayu jati, serbuk kulit kayu gemor, dan perekat UF yang telah dihitung kebutuhannya masing-masing kemudian dicampur menjadi satu dan di aduk hingga merata. Setelah proses pencampuran dilakukan, kemudian dimasukkan ke dalam cetakan untuk membentuk contoh uji dan dilakukan pengempaan awal. Pengempaan panas dilakukan pada suhu 120 0C, tekanan 10000 pound selama 10 menit. Hasil pengempaan kemudian dikondisikan selama 14 hari pada suhu kamar untuk menyeragamkan kadar air dan melepaskan tegangan sisa akibat pengempaan panas. Pembuatan contoh uji dilakukan berdasarkan standar ASTM D 5524-93 (Anonim 1993, hal. 413), dimana cetakan berbentuk disk dengan diameter 55 mm. Oleh karena ukuran contoh uji yang kecil, maka 3 ulangan untuk tiap kombinasi faktor masing-masing di buat 3 contoh uji, yang terdiri 1 contoh uji untuk uji keteguhan rekat (internal bonding), 1 contoh uji untuk pengukuran kadar air dan kerapatan, dan 1 contoh uji untuk penyerapan air dan pengembangan tebal. Produk bentukan dibuat 108 contoh uji, yang terdiri 4 faktor keragaman komposisi penambahan serbuk kulit kayu gemor (Alsodophane sp) dan 3 faktor keragaman jumlah perekat Urea Formaldehyde yang digunakan, masing-masing dibuat 3 ulangan.
1. Contoh uji keteguhan rekat (internal bonding) (40 x 20 mm)
2. Contoh uji kadar air dan kerapatan (20 x 20 mm)
3. Contoh uji penyerapan air dan pengembangan tebal (40 x 40 mm)
Pengujian sifat fisika produk bentukan ini terdiri dari pengujian kadar air, kerapatan, penyerapan air, pengembangan tebal, kekuatan tekan dan keteguhan rekat (Internal Bonding).



HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil pengujian nilai kadar air menunjukkan bahwa penambahan jumlah perekat UF berpengaruh nyata terhadap nilai kadar air produk bentukan kayu jati (Tectona sp.). Makin banyak jumlah perekat UF yang diberikan, nilai kadar air cenderung meningkat. Hal ini diduga karena pemakaian jenis perekat UF, dimana jenis perekat ini menggunakan air sebagai pelarutnya dan untuk melakukan proses pengerasan jenis perekat ini akan melepaskan air melalui proses pembasahan terutama disekitar garis perekat. Hal ini sesuai dengan pendapat Haygreen dan Bowyer (1996 : 546), bahwa adanya peningkatan kadar air akibat kenaikan jumlah perekat disebabkan perekat Urea Formaldehida menggunakan air sebagai pelarut, sehingga penambahan jumlah perekat juga berarti penambahan jumlah air pada suatu produk perekatan. Bahan yang direkat setelah proses perekatan, terutama disekitar garis perekat akan menyerap air bahan perekat dan dapat menyebabkan pengembangan (swelling), sehingga semakin banyak jumlah perekat semakin banyak kadar airnya (Anonim, 1989 : 9).

Hasil pengujian nilai kerapatan menunjukan bahwa faktor komposisi serbuk kulit kayu gemor, faktor jumlah perekat UF serta interaksi antara kedua faktor tersebut tidak berpengaruh nyata terhadap kerapatan produk bentukan. Hal ini terjadi karena faktor-faktor yang digunakan tidak memberikan kontribusi terhadap kerapatan produk bentukan dan dapat dikatakan bahwa kerapatan produk bentukan yang dihasilkan relatif seragam.

Hasil pengujian nilai penyerapan air menunjukan bahwa faktor komposisi serbuk kulit kayu gemor, faktor jumlah perekat UF serta interaksi antara kedua faktor tersebut berpengaruh sangat nyata terhadap penyerapan air produk bentukan, dimana terjadi penurunan nilai penyerapan air seiring dengan semakin sedikit komposisi serbuk kulit kayu gemor dan semakin banyak penambahan jumlah perekat UF. Pada faktor komposisi jumlah serbuk kulit kayu gemor, rata-rata nilai penyerapan air mengalami kenaikan, kenaikan nilai penyerapan air disebabkan karena serbuk kulit kayu gemor yang digunakan sebagai bahan baku produk bentukan mengandung tanin dengan kadar sebesar 1,66 % dan karbohidrat dengan kadar sebesar 39,30 Kal/g (Zulnely dan Martono, 2003: 15), dimana kedua komponen ini yang membuat kulit kayu gemor yang telah dijemur hingga kering, kalau dimasukkan ke dalam air atau saling digesekkan, kulit kayu itu kembali mengeluarkan getah yang lengket (Saptowalyono, 2007 : 1), sehingga serbuk kulit kayu gemor ini akan mengikat air dalam jumlah yang cukup banyak jika direndam dalm air. Tanin merupakan bagian dari ekstraktif, dimana ekstraktif didefinisikan sebagai senyawa-senyawa kimia dalam kayu yang dapat larut dalam pelarut-pelarut netral seperti air, alkohol, benzene dan pelarut lainnya (Prawirohatmojo, 1997 : 91). Semakin banyak serbuk kulit kayu gemor yang ditambahkan dalam pembuatan produk bentukan maka akan menaikkan penyerapan air produk bentukan. Pada faktor jumlah perekat UF, rata-rata nilai penyerapan air mengalami penurunan. Penurunan nilai penyerapan air ini diduga karena pemakaian jumlah perekat yang besar dan ketepatan pemberian perekat UF yang merupakan perekat sintetis sehingga menyebabkan perekat menghambat atau menyumbat dinding sel sehingga air yang akan masuk terhalangi oleh adanya perekat tersebut. Hal ini sesuai dengan pendapat Haygreen dan Bowyer (1996 : 255) yang menyatakan bahwa unsur-unsur kayu dalam suatu produk hanya diikat lebih kuat apabila banyak resin yang digunakan, tetapi sejumlah resin mungkin meresap ke dalam dinding sel dan menyumbatnya sampai suatu derajat tertentu. Hal ini juga sesuai dengan penelitian Patterson dan Snodgrass (1959 : 333) yang menyebutkan bahwa penyerapan air pada produk bentukan semakin menurun seiring peningkatan kandungan perekat.

Hasil pengujian nilai pengembangan tebal menunjukan bahwa faktor jumlah perekat UF berpengaruh sangat nyata terhadap pengembangan tebal produk bentukann, dimana terjadi penurunan nilai pengembangan tebal seiring dengan semakin banyak penambahan jumlah perekat UF. Hal ini sesuai dengan penelitian Sulistyo (2002 : 36) yang menyebutkan bahwa jumlah perekat akan memberikan pengaruh yang nyata terhadap pengembangan tebal. Pada faktor penambahan jumlah perekat UF, rata-rata nilai pengembangan tebal mengalami penurunan, penurunan nilai pengembangan tebal ini diduga karena pemakaian jumlah perekat yang besar dan ketepatan pemberian perekat UF yang merupakan perekat sintetis sehingga menyebabkan perekat menghambat atau menyumbat dinding sel sehingga air yang akan masuk terhalangi oleh adanya perekat tersebut. Hal ini sesuai dengan pendapat Haygreen dan Bowyer (1996 : 255) yang menyatakan bahwa unsur-unsur kayu dalam suatu produk hanya diikat lebih kuat apabila banyak resin yang digunakan, tetapi sejumlah resin mungkin meresap ke dalam dinding sel dan menyumbatnya sampai suatu derajat tertentu. Haygreen dan Bowyer (1996 : 563) juga mengemukakan bahwa semakin banyak jumlah perekat yang digunakan dalam suatu papan, maka semakin kuat dan semakin stabil dimensi papannya.

Hasil pengujian nilai keteguhan rekat (internal bonding) menunjukan bahwa faktor penambahan serbuk kulit kayu gemor, penambahan jumlah perekat UF serta interaksi antara kedua faktor tersebut berpengaruh sangat nyata terhadap keteguhan rekat produk bentukan, dimana terjadi peningkatan nilai ketegugan rekat (internal bonding) seiring dengan semakin banyak komposisi serbuk kulit kayu gemor dan semakin banyak penambahan jumlah perekat UF.

Pada faktor komposisi serbuk kulit kayu gemor, rata-rata nilai keteguhan rekat mengalami kenaikan, kenaikan nilai keteguhan rekat disebabkan karena serbuk kulit kayu gemor yang digunakan sebagai bahan baku produk bentukan mengandung tanin dengan kadar sebesar 1,66 % dan karbohidrat dengan kadar sebesar 39,30 Kal/g (Zulnely dan Martono, 2003: 15), dimana kedua komponen ini juga memiliki sifat rekat alami, sehingga diperoleh ikatan yang lebih kuat pada kayu yang direkat dan meningkatkan kerapatannya. Kebanyakan senyawa penyusun tanin adalah senyawa-senyawa fenol, dan banyak yang berasal dari struktur fenil propanoid yang merupakan salah satu perekat alam yang termoplastik. Semakin banyak serbuk kulit kayu gemor yang ditambahkan dalam pembuatan produk bentukan akan menaikkan kerapatan produk bentukan. Hal ini sesuai dengan pendapat Panshin dan dee Zeeuw (1980 : 186) yang menyatakan bahwa kekuatan kayu berbanding lurus dengan berat jenisnya.

Pada faktor penambahan jumlah perekat UF, rata-rata nilai keteguhan rekat mengalami kenaikan, kenaikan nilai keteguhan rekat disebabkan karena pemakaian jumlah perekat yang besar dan ketepatan pemberian perekat UF maka akan semakin banyak luas permukaan yang telaburi perekat, sehingga terbentuk ikatan yang kuat antara perekat dan bahan direkat (kayu). Terbentuknya ikatan yang kuat antara kayu dengan perekat akan meningkatkan kekuatan produk dalam menahan gaya-gaya dari luar yang mengenainya secara bersama-sama. Haygreen dan Bowyer (1996 : 563) menyatakan bahwa semakin banyak jumlah perekat yang digunakan dalam suatu papan, maka semakin kuat dan semakin stabil dimensi papannya.



KESIMPULAN

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa interaksi faktor komposisi serbuk kulit kayu gemor dan jumlah perekat UF berpengaruh sangat nyata terhadap penyerapan air dan keteguhan rekat (internal bonding). Nilai penyerapan air terendah sebesar 29,187 % pada taraf interaksi komposisi serbuk kulit kayu gemor 0 % dan jumlah perekat UF 7,5 % Nilai keteguhan rekat tertinggi sebesar 8,348 kg/cm2 pada taraf interaksi komposisi serbuk kulit kayu gemor 50 % dan jumlah perekat UF 5 %. Faktor komposisi serbuk kulit kayu gemor tidak berpengaruh terhadap kadar air, kerapatan dan pengembangan tebal. Analisis varians pada tiap parameter tersebut memberikan hasil yang tidak berbeda nyata. Faktor jumlah perekat UF berpengaruh nyata terhadap kadar air serta berpengaruh sangat nyata terhadap pengembangan tebal. Makin banyak jumlah perekat UF yang ditambahkan yaitu 5 %, 7,5 % dan 10 %, maka nilai kadar air makin tinggi yaitu sebesar 9,335 %, 9,785 % dan 10,398 %, sedangkan nilai pengembangan tebal makin rendah yaitu sebesar 18,927 %, 16,495 % dan 14,989 %.



DAFTAR PUSTAKA

Anonimus. 1989. Handbook of Wood and Wood Based Materials for Engineers, Architect and Builder. Forest Product Laboratory. Forest Service USDA. Hemisphere Publishing Corporation. New York.

---------- 1993, Standard Practise for Compression Molding Test Speciments of Thermosetting Molding Compounds, ASTM volume 08.01 Designation 5948-96, American Society for Testing Materials, Philadelphia, USA.

Haygreen, J.G. dan J.L. Bowyer. 1996. Hasil Hutan dan Ilmu Kayu, Suatu Pengantar. (terjemahan Dr. Ir. Soetjipto A.H, Msc). Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Kasmudjo dan A. Chumaedi. 1986. Pemanfaatan Serbuk Gergaji dan Limbah Veneer Kayu Untuk Element Board. Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Kollman, F.F.P., E.A. Kuenzi dan A.J. Stamm. 1975. rinciple of Wood Science and Technology, II Wood Based Materials. Springer Verlag Berlin Heidelberg. New York.

Maloney. 1977, Modern Particleboard and Dry Process Fiberboard manufacturing, Miller Freeman Publication. Inc., California, USA.

Martawijaya, A., I. Kartasujana, K. Kadir dan S.A. Prawira. 1981, ATLAS Kayu Indonesia, Jilid I, Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Bogor, Indonesia.

Panshin, A.J., E.S. Harrar, J.S. Bethel dan W.J. Baker. 1950. Forest Product. Mc Graw Hill Book Company. New York.

Patterson, T..J. dan J.D. Snodgrass. 1959. Effect of Formation Variables on Properties of Wood Particle Moldings. Forest Product Journal 9(10):330-336

Prawirohatmodjo, S. 1995. Kimia Kayu. Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada.
Prayitno, T.A. 1995, Teknologi Papan Majemuk, Bagian penerbitan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Rachman O. dan S. Karnesudirdja. 1982. Pengaruh Pola Pembelahan Dolok Ramin Terhadap Produksi Kayu Gargajian. Laporan Balai Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan No. 2, Bogor.

Saptowalyono, C.A. 2007. http://kompas.com/kompas cetak /0602 /10 /ekora /2174941.htm 20 Januari 2007. Diakses tanggal 10 April 2007.

Setyawati, D. 2003. Komposit Serbuk Kayu Plastik Daur Ulang : Teknologi Alternatif Pemanfaatan Limbah Kayu dan Plastik. Makalah Falsafah Sains. Institut Pertanian Bogor, http://www.falsafahsains.co.id/ipb/s3// html. Diakses tanggal 15 Januari 2007.

Tsoumis, G. 1991. Science and Technology of Wood (Structure, Properties, Utilazation). Van Nostrand Reunhold. New York.

Zulnely dan D. Martono. 2003. Pemanfaatan Kulit Gemor (Alsodophane Sp.) Sebagai Bahan Untuk Pembuatan Anti Nyamuk Bakar. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kayu Tropis. Penelitian dan Pengembangan UPT Biomterial LIPI Bogor.

27 komentar:

Anonim mengatakan...

Hi !.
You re, I guess , probably very interested to know how one can reach 2000 per day of income .
There is no need to invest much at first. You may start to receive yields with as small sum of money as 20-100 dollars.

AimTrust is what you need
The firm incorporates an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

It is based in Panama with affiliates everywhere: In USA, Canada, Cyprus.
Do you want to become really rich in short time?
That`s your choice That`s what you wish in the long run!

I`m happy and lucky, I started to take up real money with the help of this company,
and I invite you to do the same. It`s all about how to select a correct partner who uses your money in a right way - that`s it!.
I earn US$2,000 per day, and what I started with was a funny sum of 500 bucks!
It`s easy to get involved , just click this link http://girynufe.lookseekpages.com/borofuha.html
and lucky you`re! Let`s take our chance together to get rid of nastiness of the life

Anonim mengatakan...

Hello everyone!
I would like to burn a theme at here. There is such a nicey, called HYIP, or High Yield Investment Program. It reminds of ponzy-like structure, but in rare cases one may happen to meet a company that really pays up to 2% daily not on invested money, but from real profits.

For several years , I earn money with the help of these programs.
I'm with no money problems now, but there are heights that must be conquered . I get now up to 2G a day , and I started with funny 500 bucks.
Right now, I'm very close at catching at last a guaranteed variant to make a sharp rise . Turn to my web site to get additional info.

[url=http://theblogmoney.com] Online investment blog[/url]

Anonim mengatakan...

sexy singles [url=http://loveepicentre.com/]overweight dating site[/url] gay dating http://loveepicentre.com/ washington state singles

Anonim mengatakan...

Good day!

Let me introduce myself,
my parents call me James F. Collins.
Generally I’m a venturesome analyst. for a long time I’m keen on online-casino and poker.
Not long time ago I started my own blog, where I describe my virtual adventures.
Probably, it will be interesting for you to read my notes.
Please visit my web page . http://allbestcasino.com I’ll be glad would you find time to leave your opinion.

Anonim mengatakan...

health insurance quote medical dental drug uk [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/magen-darm.htm]magen darm[/url] north carolina military dental records http://usadrugstoretoday.com/products/dilantin.htm average cost health insurance http://usadrugstoretoday.com/catalogue/z.htm
how does medicine work [url=http://usadrugstoretoday.com/products/adalat.htm]adalat[/url] bacteria lesson plans middle school [url=http://usadrugstoretoday.com/products/acai-natural-energy-boost.htm]ear infection and cough[/url]

Anonim mengatakan...

http://www.korea-biogerontology.org/board/board.cgi?bname=photo&action=view&page=1&unum=25127&noInc=1 http://www.mein-kinderwunsch.at/Forum/viewtopic.php?f=2&t=73622 http://kemtech.co.kr/bbs/board/content.asp?tb=inno_6&page=1&num=3 http://ehmqc.siteoz.info/lgde/forum/viewtopic.php?f=64&t=19610
http://forum.itsthebbc.co.uk/viewtopic.php?f=37&t=106819 http://nidra.me/forum/viewtopic.php?f=2&t=189451 http://www.epicclanonline.com/forum/viewtopic.php?f=4&t=86729 http://notarangelo.com/viewtopic.php?f=2&t=163766
http://www.mcduhovi.com/forum/viewtopic.php?f=5&t=23146 http://pc-mediatec.co.jp/cgi-bin/C-002/board/visit/main.pl?PAGE_NUM=1 http://www.mattias.lindstrom.name/forum/viewtopic.php?f=2&t=44762

Anonim mengatakan...

blackberry medical dictionary taber [url=http://usadrugstoretoday.com/products/quibron-t.htm]quibron t[/url] breast examination brazil http://usadrugstoretoday.com/categories/antibioticos.htm drug dealing movie http://usadrugstoretoday.com/products/torsemide.htm
health benefits chocolate cocoa [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/femme-d-amelioration.htm]femme d amelioration[/url] deaths from drug abuse [url=http://usadrugstoretoday.com/categories/weibliche-verstarkung.htm]life during and after the great depression[/url]

Anonim mengatakan...

http://online-health.in/benadryl/allergic-to-benadryl
[url=http://online-health.in/antibiotic/otc-antibiotic-properties]what is helpful drugs[/url] food and drug administration hgovernmenturricane katrina [url=http://online-health.in/bactrim/bactrim-peel]bactrim peel[/url]
to cialis buy where http://online-health.in/arrhythmias/bigeminy-trigeminy-arrhythmias
[url=http://online-health.in/atenolol/atenolol-and-suicide]online pharmacy propecia[/url] women and viagra [url=http://online-health.in/bactroban/determining-need-for-prophylactic-use-of-bactroban]determining need for prophylactic use of bactroban[/url]
drug testing in the workplace laws htm http://online-health.in/baclofen/baclofen-use-for
[url=http://online-health.in/avandamet/avandamet-problems]tremont pharmacy[/url] does buprenorphine show up in drug tests [url=http://online-health.in/atenolol/how-to-get-off-atenolol]how to get off atenolol[/url] atlanta drug police department arrests [url=http://online-health.in/anafranil/anafranil-effectiveness]anafranil effectiveness[/url]

Anonim mengatakan...

http://meen.in/esomeprazole
[url=http://meen.in/esomeprazole/esomeprazole-injections-ppt]compounding supplies and pharmacy[/url] drug totreat alcoholism [url=http://meen.in/famvir/famvir-pravachol-protonix-nasonex-combivent]famvir pravachol protonix nasonex combivent[/url]
report drug abuse in ohio http://meen.in/erections/plaster-cast-erections
[url=http://meen.in/ezetimibe/ezetimibe-side-effects]melbourne health dept[/url] presaton pharmacy [url=http://meen.in/cipro/cipro-for-stomachs]cipro for stomachs[/url]
working camps for drug addicts http://meen.in/erythromycin/erythromycin-canine
[url=http://meen.in/exelon/fangers-of-taking-exelon-patch]drug description side effects[/url] alcohol and drug questions for young teens [url=http://meen.in/casodex/order-casodex-mail]order casodex mail[/url] the drug indocin [url=http://meen.in]Online Discount Pharmacy[/url]

Anonim mengatakan...

automobile sunroof repair columbus ohio http://eautoportal.in/kawasaki/kawasaki-bumper-rails australian horse racing
[url=http://eautoportal.in/hummer/millatarry-hummer]jeansqueen mercedes[/url] automobile safety system [url=http://eautoportal.in/jeep/who-sings-jeep-commercial-song-remind-me-of-who-i-am]who sings jeep commercial song remind me of who i am[/url]
review on volkswagen bettle 2007 http://eautoportal.in/ford-auto/engine-ford-300
[url=http://eautoportal.in/bmw-car/raylley-bmw]volkswagen 2000 beetle standard 40000 mile service[/url] performance racing hoods [url=http://eautoportal.in/auto-net]auto net[/url]
mercedes benz south orlando http://eautoportal.in/chevrolet/chevrolet-ls1-engines
[url=http://eautoportal.in/auto-co/auto-wheels]mercedes benz of ft meyers[/url] caracteristique technique touran volkswagen [url=http://eautoportal.in/ford-auto]ford auto[/url]

Anonim mengatakan...

bus travel for the deaf blind http://greatadventures.in/inn/vegetarian-inn travel to oahu
[url=http://greatadventures.in/travel/greek-tourism-and-travel-london]travel poker[/url] expedia travel insurance [url=http://greatadventures.in/adventure/adventure-ca-com]adventure ca com[/url]
spousal travel taxable fringe http://greatadventures.in/cruise/how-fast-does-a-cessna-180-cruise
[url=http://greatadventures.in/travel/road-travel-conditions]air travel research[/url] free travel link exchange [url=http://greatadventures.in/disneyland/disneyland-free-vacation-planning-video]disneyland free vacation planning video[/url]
lymphedema risk and air travel http://greatadventures.in/maps/ww2-maps classic travel service [url=http://greatadventures.in/cruises/delta-river-cruises]delta river cruises[/url]

Anonim mengatakan...

automobile roll up window equiped http://autoexpress.in/buell/buell/s1/lightning auto biographies
[url=http://autoexpress.in/racing/mt/holly/racing]automobile fair price topay[/url] volkswagen jetta reference mark sensor [url=http://autoexpress.in/cadillac/dallas/texas/used/cadillac/escalade]dallas texas used cadillac escalade[/url]
mirror glass auto http://autoexpress.in/seat/helicopter/seat/rails
[url=http://autoexpress.in/mercedes/mercedes/w124/replace/airbag]michael gomez automobile[/url] mercedes gl450 2008 [url=http://autoexpress.in/peugeot/peugeot/105/moped]peugeot 105 moped[/url]
the gasoline automobile heldt second edition http://autoexpress.in/scion/scion/xb/2008/aftermarket
[url=http://autoexpress.in/bugatti/bugatti/1939]automobile starters[/url] volkswagen rss feed [url=http://autoexpress.in/racing]racing[/url]

Anonim mengatakan...

new york lernerclothes http://topcitystyle.com/sweet-years-long-sleeve-tops-brand50.html toe to toe dance shoes [url=http://topcitystyle.com/85-accessories-size53.html]comfort shoes store[/url] comfortable flat shoes
http://topcitystyle.com/men-page31.html elie saab fashion [url=http://topcitystyle.com/camel-active-on-sale-brand95.html]cinderella shoes[/url]

Anonim mengatakan...

mercedes benz parts and labor http://carautonews.in/fiat/fiat-bravo-pictures ohio automobile insurance law
[url=http://carautonews.in/acura/acura-integra-engine-rebuild-kits]mcr racing[/url] auto deductions [url=http://carautonews.in/chevrolet/alabama-1957-chevrolet]alabama 1957 chevrolet[/url]
coolant warning light volkswagen http://carautonews.in/daihatsu/daihatsu-g100
[url=http://carautonews.in/auto-co/fitzgerald-auto-mall-service-appointment]mercedes damaged salvage[/url] sunny auto repairs berriman drive perth [url=http://carautonews.in/daewoo/daewoo-delimber-for-sale]daewoo delimber for sale[/url]
advance auto corporate http://carautonews.in/chevrolet/identifing-a-starter-year-for-chevrolet
[url=http://carautonews.in/bentley/breitling-bentley-gt]colleges of automobile engeneering in australia[/url] catalytic convertor volkswagen [url=http://carautonews.in/automobiles/sean-barry-san-antonio-automobiles]sean barry san antonio automobiles[/url]

Anonim mengatakan...

free porn teenage girls http://theporncollection.in/porn-girl/free-simpson-vs-jetson-porn-pics
[url=http://theporncollection.in/gay-movie/king-james-ii-gay]teentitan hentai[/url] marriott us virgin islands [url=http://theporncollection.in/gay-boy/gay-fat-man]gay fat man[/url]
housewife adult http://theporncollection.in/gay-movie/manhunter-gay
[url=http://theporncollection.in/gay-man/free-mature-gay-men-daadies-and-sienors-blogs]bdsm movies amateur[/url] woman toying with dildo [url=http://theporncollection.in/porn-dvd/kelle-porn-marie]kelle porn marie[/url]
piss in anal http://theporncollection.in/mature-woman/mature-grany-clips
[url=http://theporncollection.in/gay-movie/gay-swimming-beach]reel to real you sexy thing[/url] sexual lubricants review [url=http://theporncollection.in/hentai-sex/hentai-mafia]hentai mafia[/url]
ff 7 hentai http://theporncollection.in/gay-movie/oslo-gay-sex-beats
[url=http://theporncollection.in/lubricant/omc-hi-vis-gearcase-lubricant]twinks forced xxx[/url] self powered dildo bench [url=http://theporncollection.in/gay-movie/gay-men-hugging]gay men hugging[/url]

Anonim mengatakan...

gucci sunglasses http://luxefashion.us/women-versace-type3.html how to build polish horseshoes [url=http://luxefashion.us/30-pants-size12.html]shoes worn by shakira[/url] what african american invented a machine in which shoes are attached to soles
http://luxefashion.us/terms.html garland fashion [url=http://luxefashion.us/north-sails-women-s-tops-brand58.html]laurence oliverie[/url]

Anonim mengatakan...

definition of illicit drugs [url=http://usadrugstoretoday.com/products/brand-cialis.htm]brand cialis[/url] precentage without health insurance http://usadrugstoretoday.com/index.php?lng=de&cv=eu
herpes bladder valtrex [url=http://usadrugstoretoday.com/products/rhinocort.htm]rhinocort[/url] slogans on drug safety [url=http://usadrugstoretoday.com/products/lotensin.htm ]medical explorers eliot hospital [/url] oranges diabetes
fda haldol iv [url=http://usadrugstoretoday.com/products/glyset.htm]glyset[/url] schizoaffective disorder and suicide http://usadrugstoretoday.com/categories/sleeping-aide.htm
p141 erectile dysfunction drug [url=http://usadrugstoretoday.com/products/levitra-professional.htm]levitra professional[/url] determination of ldh in blood in rats [url=http://usadrugstoretoday.com/products/phenergan.htm ]medical incredible tv [/url] benefits of glutathione skin whitening

Anonim mengatakan...

designer track lighting http://luxefashion.us/versace-dresses-brand1.html designer consignment [url=http://luxefashion.us/?action=products&product_id=2537]retro lamp designers[/url] kiddy fashion company
http://luxefashion.us/suzuki-on-sale-brand67.html timberland shoes [url=http://luxefashion.us/shoes-page15.html]preschooler clothes on sale[/url]

Anonim mengatakan...

http://xwp.in/desloratadine
[url=http://xwp.in/elimite/efavirenz-hiv]medicine cabinet with mirrors[/url] ncaa banned drugs http://xwp.in/elimite/endep
generic low price viagra http://xwp.in/ibuprofen/dangers-of-snorting-ibuprofen
[url=http://xwp.in/hyzaar/high-blood-pressure-medicne-hyzaar]clinical trial prostate cancer drug[/url] designer drugs online http://xwp.in/dicyclomine/dicyclomine-interactions
cialis levitra http://xwp.in/ceftin/buy-ceftin
[url=http://xwp.in/erectile/erectile-dysfunction-physical-pain-pinching]what does cialis do[/url] advair drug class http://xwp.in/edema/tcm-edema-of-legs-and-ankles can i identify a drug by the number on it http://xwp.in/diflucan/buy-diflucan-pal-pay

Anonim mengatakan...

designer mens suits http://www.thefashionhouse.us/-club-wear-gucci-category46.html chanel jacket resale berkeley [url=http://www.thefashionhouse.us/juicy-couture-juicy-rules-los-angeles-luxury--item2322.html]used maternity clothes[/url] africa on a shoestring
http://www.thefashionhouse.us/napapijri-casual-shirts-brand62.html plus sizedesigner clothes [url=http://www.thefashionhouse.us/a-m-n-madness-national-brand55.html]shoes clearance[/url]

Anonim mengatakan...

red rock casino http://lwv.in/bingo/no-download-bingo lottery in spain
[url=http://lwv.in/betting/golf-tournament-betting]conrad jupiter casino[/url] casino online gambling [url=http://lwv.in/slots/play-games-slots]play games slots[/url]
bus bingo ecard http://lwv.in/online-casino
[url=http://lwv.in/poker-online/is-video-poker-cheating]michigan state tax and casinos[/url] anomie gambling [url=http://lwv.in/betting/sports-betting-exchange]sports betting exchange[/url]
four winds casino resort hotel reservations http://lwv.in/gambling-online/gambling-addiction-borderline-personality-disorder-stress georgia mega lottery [url=http://lwv.in/poker-online/playing-poker-coloring-pages]playing poker coloring pages[/url]

Anonim mengatakan...

the shawshank redemption online movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_boiler_room/]boiler room[/url] james bond films movie villains http://moviestrawberry.com/films/film_the_last_winter/ porno movie called peaches
upcoming movie websites [url=http://moviestrawberry.com/films/film_plutos_quin_puplets/]plutos quin puplets[/url] scottish hammer throwing movie http://moviestrawberry.com/films/film_popcorn/ toni jo henry movie
top 50 female orgasm movie sites [url=http://moviestrawberry.com/films/film_last_holiday/]last holiday[/url] columbus ohio movie theatres
movie theatres in vermont [url=http://moviestrawberry.com/films/film_the_man/]the man[/url] the movie fracture http://moviestrawberry.com/hqmoviesbyyear/year_1973_high-quality-movies/ free ipod movie coverter
b movie heroes [url=http://moviestrawberry.com/films/film_africa_the_serengeti/]africa the serengeti[/url] free movie download torrents http://moviestrawberry.com/films/film_new_jack_city/ the most romantic movie

Anonim mengatakan...

movie making software reviews [url=http://moviestrawberry.com/films/film_dr_jekyll_and_mr_hyde/]dr jekyll and mr hyde[/url] movie studio logos http://moviestrawberry.com/films/film_operation_petticoat/ grims tale movie cast
time square new york movie theatres [url=http://moviestrawberry.com/films/film_hit_the_ice/]hit the ice[/url] beaches movie transcript http://moviestrawberry.com/films/film_exit_speed/ cars the movie games
free lesbian movie gallery [url=http://moviestrawberry.com/films/film_keeping_up_with_the_steins/]keeping up with the steins[/url] cinebarre free drive in movie asheville
italian job and movie and rating [url=http://moviestrawberry.com/films/film_ghost_town/]ghost town[/url] how much did it cost to see a movie in 1946 http://moviestrawberry.com/films/film_monster_from_green_hell/ mp3 movie sounds
boys on the side movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_3_10_to_yuma/]3 10 to yuma[/url] movie fantastic 4 at amazon http://moviestrawberry.com/films/film_ring_of_fear/ television and movie industry reporting

Anonim mengatakan...

balls of fire movie [url=http://moviestrawberry.com/films/film_robin_hood_men_in_tights/]robin hood men in tights[/url] sybil movie watch http://moviestrawberry.com/films/film_code_46/ sons and lovers movie
duplicating movie clips flash [url=http://moviestrawberry.com/films/film_final_move/]final move[/url] list of good movie producers http://moviestrawberry.com/hqmoviesbygenres/download-genre_animation-movies/?page=1 new atheist movie christmas
the mist movie 2007 [url=http://moviestrawberry.com/films/film_sex_and_breakfast/]sex and breakfast[/url] get smart the movie
the corporation movie buy [url=http://moviestrawberry.com/films/film_brother/]brother[/url] first night the movie http://moviestrawberry.com/films/film_diamond_dogs/ movie rating reasons
ned kelly movie with orlando bloom [url=http://moviestrawberry.com/films/film_happy_feet/]happy feet[/url] grateful dead movie downloads http://moviestrawberry.com/films/film_episode_list_forseinfeld/ lotte cinema nowon movie times

Anonim mengatakan...

Straight Edge Drug Free - news http://www.247servicedapartmentspattaya.com/ - zolpidem no prescription No prescription is needed! Worldwide delivery. [url=http://www.247servicedapartmentspattaya.com/]buying ambien online[/url] Getting a good night sleep is one of the most important things you can do to ensure a healthy lifestyle. buy ambien online without prescription If you are taking Ambien every night consecutively in order to fall asleep you will find that you body will develop a tolerance to the medication.

Jabon on 29 Juli 2010 pukul 13.09 mengatakan...

Tulisan maknyus, tapi kok banyak komentar sampahnya, hapus Gan.. sayang loh, bikin kotor blog

Cara Mengatasi Saluran Wc Yang Mampet on 18 September 2016 pukul 18.49 mengatakan...

makasih gan info nya sangat bermanfaat
saya tunggu info lain nya

 

JOHN KELIK Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts