Ds. Kedawung, RT : 12 / RW : 04, Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen, Propinsi Jawa Tengah, Kode Pos : 57271, Hp: 085743269543, Email : mindcrosser_13@yahoo.co.id

Senin, 14 September 2009

SMKN 1 PETANG

SMK NEGERI 1 PETANG, BALI


LATAR BELAKANG


Era globalisasi ditandai oleh kemajuan pesat Iptek (Ilmu pengetahuan dan teknologi) yang saat ini telah merambah hampir pada semua aspek dan tatanan kehidupan manusia. Penguasaan dan keunggulan di bidang iptek oleh negara – negara maju yang telah berlangsung berabad – abad tidak terlepas dari tingginya investasi dan penghargaan pemerintah pada sektor pendidikan. Jepang dan Korea yang termasuk dalam negara industri maju menganggarkan sektor pendidikan rata – rata 32 % di tahun 70-an. Maka itu, kedua negara tersebut dijuluki Macan Asia yang merupakan pesaing kuat negara – negara industri maju. Indonesia telah berupaya mengalokasikan 30 % APBN untuk sektor pendidikan, namun hal tersebut masih bersifat normatif dan belum memberi pengaruh yang signifikan terhadap kemajuan dan keberhasilan dunia pendidikan di Indonesia. Bahkan, semenjak dilanda krisis yang berkepanjangan sejak tahun 1997 Index Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia mengalami penurunan yang drastis berada pada pringkat 112 jauh dibawah malaysia dan Filipina. Pernyataan ini menunjukkan bahwa pendidikan yang merupakan salah satu indikator penting yang berpengaruh terhadap IPM masih tertinggal.

Kondisi yang tidak jauh berbeda dialami oleh Kabupaten Badung, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Badung berada pada urutan 3 di Bali atau pada urutan 67 secara nasional. Sedangkan kondisi pendidikan secara umum dapat dijelaskan sebagai berikut: wajib belajar 9 tahun baru tercapai 8, 9 %, dan Angka Partisipasi Murni (APM) SD 97,98 %, SMP 83,71 %, dan SMA / SMK 68,88 %. Berangkat dari kondisi tersebut Bupati dan Wakil Bupati yang baru terpilih (A.A. Gde Agung – Ketut Sudikerta) pada program awal masa bakti memberi prioritas pada pembenahan sektor pendidikan, meliputi :
1. Menuntaskan wajib belajar 9 tahun dan membantu subsidi untuk Biaya Operasional Sekolah (BOS) tingkat SLTP sebesar Rp. 2,31 milyar lebih.
2. Mendirikan sekolah SMK Negeri Petang dengan program keahlian Agrobisnis dan Agrowisata (Agrobis Tourism) di Kecamatan Petang yang termasuk wilayah Badung Utara.
3. Pendirian SMK Negeri wilayah tersebut selain telah menjadi visi dan misi Bupati terpilih juga sebagai upaya menggali dan mengembangkan berbagai potensi yang selama ini belum tergarap secara maksimal, meliputi :
a. Wilayah Badung utara merupakan wilayah konservasi dan perkebunan tanaman pangan yang potensial sehingga tepat dikembangkan untuk pengembangan Agrobisnis dan Agrowisata. Untuk mendukung hal tersebut maka selain pemerintah secara bertahap berusaha meningkatkan kualitas dan kuantitas imprastruktur di Badung Utara. Maka dengan pendirian SMK diharapkan kedepan dapat dihasilkan SDM yang berkualitas, menguasai teknologi dan memiliki kemampuan / skill di bidang Agribisnis dan Agrowisata.
b. Wilayah Badung Tengah dan Utara merupakan daerah yang memiliki beban produk miskin terbesar, mencapi 2.235 jiwa ( Pra KS dan KS1). Angka ini terus bertambah sebagai akibat sulitnya lapangan kerja dan meningkatnya pengangguran, untuk tahun 2004 pengangguran meningkat mencapai 21.021 orang. Hal ini lebih diperparah lagi dengan stagnan sektor pariwisata setelah pasca bom Kuta dan Jimbaran. Dengan dibukanya SMK yang akan dimulai untuk tahun ajaran 2006 ini, diharapkan dapat diciptakan kualitas tenaga kerja terampil yang dibutuhkan oleh pasar tenaga kerja. Dengan demikian terjadinya peningkatan pengangguran yang merupakan beban sosial dapat dikurangi.
c. Berdasarkan data Diknas 2004 pendidikan belum merata dinikmati oleh masyarakat Badung dan relatif kecil masyarakat Badung yang mengikuti pendidikan tinggi dan keahlian khusus. Mereka yang menamatkan pendidikan tinggi hanya 4,98 %. Kondisi ini mengisyaratkan bahwa anak – anak usia sekolah yang menamatkan pendidikan di SLTP maupun SLTA lebih tertarik untuk melanjutkan pendidikan pada sekolah kejuruan yang memberikan ketrampilan / keahlian khusus.
d. Pendirian SMK dengan program keahlian Agrobisnis dan Agrowisata memperoleh dukungan yang luas dari kalangan dunia usaha dan juga sektor pariwisata. Mengingat lulusan yang dihasilkan dengan memiliki keahlian atau skill di bidang Agrobisnis dan Agrowisata sangat dibutuhkan oleh kedua dunia usaha tersebut. Seperti halnya kebutuhan akan tenaga Gardener untuk hotel – hotel berbintang masih sangat terbuka luas bagi lulusan SMK Negeri 1 Petang.

Untuk Provinsi Bali khususnya Kabupaten Badung sampai saat ini belum ada sekolah kejuruan yang secara khusus mengembangkan program keahlian Agrobisnis dan Agrowisata. Hal ini pula merupakan salah satu alasan untuk pendirian SMK tersebut yang secara geografis sangat menguntungkan bagi wilayah badung utara. Untuk menjadikan daerah tersebut sebagai pusat perkembangan Agrobisnis dan Agrowisata dan menjadikan Badung Tengah sebagai perantara pemasaran komoditi unggulan porduk – produk perkebunan dan pertanian bagi Badung Selatan yang merupakan destinasi pariwisata.


VISI DAN MISI

1. VISI

Terwujudnya mutu pendidikan berbasis teknologi, tersedianya tenaga terampil di bidang Pertanian berkaitan dengan pembangunan Pariwisata berkelanjutan.

2. MISI

a. Mewujudkan sekolah bermutu berbasis teknologi, dalam suasana aman, tertib dan tentram.
b. Menyediakan sarana Pendidikan yang memadai dalam menyiapkan anak didik untuk menguasai Teknik Agro Wisata.
c. Menyediakan Guru yang Cukup dan berkualitas dalam menggerakan proses belajar mengajar.
d. Menjalin hubungan kerjasama yang harmonis antara sekolah, Dunia Usaha/ Dunia Industri, masyarakat dan pemerintah.
e. Menyediakan alokasi dana yang memadai dalam pengembangan mutu Pendidikan dan out put maupun out-come pendidikan.
f. Mewujudkan mutu lulusan untuk mendukung kebutuhan tenaga terampil dibidang Agro Bisnis dan Agro Wisata.
g. Melaksanakan manajemen berbasis kompetensi, pemantauan dan pengendalian.


TUJUAN DAN SASARAN

1. TUJUAN

a. Memberi pemahaman tentang konsep pendidikan berorientasi kecakapan hidup (life skill) melalui pendekatan pendidikan berbasis kompetensi.
b. Tersedianya laboratorium dan workshop serta sarana Pendidikan lainnya yang memadai dalam menyiapkan anak didik untuk menguasai Teknik Agro Bisnis dan Agro Wisata.
c. Tersedianya Guru yang cukup dan berkualitas dalam menggerakkan proses belajar mengajar.
d. Terjalinnya hubungan kerja yang harmonis antara sekolah, Dunia Usaha/ Dunia Industri, masyarakat dan pemerintah.
e. Tersedianya alokasi dana yang cukup dan memadai dalam pengembangan mutu pendidikan dan out-put maupun out-come pendidikan.
f. Terwujudnya mutu lulusan yang terampil sesuai kebutuhan pasar kerja.
g. Terlaksananya manajemen berbasis kompetensi, pemantauan dan pengendalian.

2. SASARAN

a. Masyarakat Kabupaten Badung, khususnya wilayah Badung Utara dan Badung Tengah, yang berminat meningkatkan keterampilan penyerapan dan pemanfaatan teknologi pertanian sebagai bekal hidup dalam berkompetisi di pasar kerja dan pasar global.
b. Efektifitas penyerapan dan penyediaan tenaga trampil di bidang pertanian dalam memasuki era teknologi.


PROGRAM KEAHLIAN

Sesuai dengan visi dan misi Bapak Bupati Badung maka SMK Negeri 1 Petang membuka 2 program keahlian, yaitu Agrobisnis dan Agrowisata.

Berdasarkan petunjuk dari Bidang Pendidikan, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, hasil kajian dari guru-guru produktif bersama Bidang Kurikulum SMK Negeri 1 Petang tentang Standar Kompetensi Lulusan, dan mengacu pada surat dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali Nomor: 421.5/9528/Disdikpora, tertanggal 3 Desember 2008, tentang Kode Ujian Nasional SMK (4 mata uji), maka program keahlian yang dikembangkan di SMK Negeri 1 Petang (Agrobisnis dan Agrowisata) dirubah ke program keahlian terdekat sesuai dengan Daftar Kode Program Keahlian di SMK tahun Pelajaran 2008/2009 dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Ditjen Mandikdasmen Depdiknas, yaitu menjadi Program Keahlian Budidaya Tanaman Sayuran dengan kode F-125. Perubahan ini dilakukan untuk memperlancar pelaksanaan Ujian Nasional SMK (4 mata uji, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Kompetensi Keahlian yang meliputi Teori Kejuruan dan Praktik Kujuruan.

Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, Nomor: 251/C/KEP/MN/2008 tertanggal 22 Agustus 2008 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan menetapkan bahwa untuk peserta didik angkatan 2008/2009 (kelas X pada tahun pelajaran 2008/2009) dan 2009/2010 (penerimaan peserta didik yang akan datang/ kelas X pada tahun pelajaran 2009/2010) SMK Negeri 1 Petang termasuk dalam spektrum Bidang Studi Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi, Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman, Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, dengan Kode 104.


SISTEM PENDIDIKAN

1. Proses pendidikan yang diterapkan di SMK Negeri Petang menerapkan kurikulum dengan pendekatan Pembelajaran Berbasis Kompetensi (Competency Base Training)dan Pembelajaran Berbasis Produk/Hasil (Product Base Training).
2. Orientasi Pengembangan keterampilan, ditekankan kepada peningkatan ketrampilan di bisang teknologi pertanian.


FASILITAS

Pelaksanaan proses belajar mengajar pada tahun pelajaran 2007/2008 telah mengunakan gedung baru yang terdiri dari 4 unit ruang kelas, dengan dukungan tempat praktik oleh PT. Bagus Agro Pelaga. Untuk mendukung peningkatan mutu lulusan, nantinya secara bertahap akan dipenuhi dari tahun ke tahun fasilitas pendidikan dan pelatihan yang representatif dilengkapi dengan perpustakaan yang memadai dan lahan praktik yang standar untuk mengimplementasikan keahlian yang dimiliki oleh siswa.
Pada tahun 2006 ini SMK Negeri 1 Petang telah mendapatkan bantuan Dana Imbal Swadaya dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Departemen Pendidikan Nasional yang digunakan untuk membangun ruang teori sebanyak 4 lokal, dan mulai tahun anggaran 2007 pembangunan dilanjutkan sesuai dengan blok plan gedung SMK Negeri 1 Petang dengan menggunakan dana dari Pusat dan Pemerintah Daerah dengan 4 unit gedung baru yaitu : Lab Sekolah, Lab Pengolahan, Lab Pembibitan dan Pengolahan Kompos. Dan Mulai tahun anggaran 2008 pembangunan akan dilanjutkan sesuai dengan blok plan Gedung SMKN 1 Petang, dengan menggunakan dana dari Pusat dan Pemerintah Daerah.

Pada bulan April 2009 SMK Negeri 1 Petang telah memiliki fasilitas internet yang dapat digunakan oleh siswa, guru dan pegawai dalam menunjang kegiatan belajar mengajar dan mengembangkan kemampuan dalam mengikuti perkembangan informasi dan teknologi. Seluruh kegiatan operasional internet ini menggunakan dana dari Pemerintah Daerah.


KERJASAMA INDUSTRI

Dalam proses pendirian, pendidikan, dan pelatihan serta
penyaluran lulusan SMK Negeri 1 Petang telah mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik dari dunia usaha/industri yang mempunyai kualifikasi Nasional dan Internasinal maupun instansi yang terkait dengan program keahlian yang dikembangkan di SMK Negeri 1 Petang. Beberapa dukungan tersebut telah dituangkan dalam bentuk naskah kerja sama (MOU). Dukungan yang dimaksud di antaranya berasal dari:
 Fakultas Teknologi Pertanian Unud
 Fakultas Pasca Sarjana Agribisnis Unud
 Politeknik Negeri Bali
 STP Negeri Nusa Dua Bali
 Bali Tourism Board Bali
 PT. Bagus Agro Pelaga
 UD. Tunjung Sari
 UD. Sumber Karya
 Brahmacarya (Alumnus IPB Bogor)
 Moena Fresh
 Pusat Pembibitan Perhutanan dan Perkebunan Kab. Badung
 Yayasan Wisnu Jaringan Ekowisata Desa
 Flora Bali
 PD Unit Perkebunan Sayur Mayur
 Kebun Raya Bedugul
 Mahajaya Agrowisata
 Strowbery Stop
 Bali Orchid Garden
 Arik Jaya
 Cahaya Sari
 Sari Mas Ayu
 Taman Rampai sari
 Tanjung Sari
 Flamboyan Indah
 UD. Atsiri Bali Oil
 Enjung Beji Resort
 UD. Sila Arta
 Ud. Adnyana Putra
 Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Bali


KEGIATAN KESISWAAN

Selain di bidang akademik dan keterampilan formal, siswa SMK Negeri 1 Petang juga dibekali dengan beberapa kegiatan ekstra kulikuler yang berorientasi pada hobi dan kebudayaan daerah adapun kegiatan kesiswaan yang dimaksud di antaranya :
a. Program kegiatan kesiswaan diorientasikan untuk mendukung pembentukan sikap dan kepribadian siswa dalam mengem- bangkan potensi profesional secara organisatoris dan manajerial sehingga akan menghasilkan lulusan yang mempunyai sikap kemandirian serta motivasi kerja yang tinggi dengan membuka program ekstra Tataboga, dan Tatagraha, serta beberapa kegiatan bidang pertanian.
b. Materi kegiatan kesiswaan yang meliputi kegiatan akademis, kepramukaan, ketahanan sekolah.
c. Untuk mengembangkan budaya daerah khususnya budaya daerah Bali maka siswa dibekali pengetahuan dengan mengikuti beberapa kegiatan, diantaranya Majejaitan, Pesantian, Tari dan Tabuh.
d. Kesehatan jasmani merupakan salah satu faktor keberhasilan siswa dalam menimba ilmu. Untuk itu SMK Negeri 1 Petang, mengadakan kegiatan extrakulikuler olah raga diantaranya Sepakbola, Tenis Meja, Bola Volli, dan Atletik.

9 komentar:

Anonim mengatakan...

молодые извращение фото http://free-3x.com/ лесбиянки школьники free-3x.com/ любительское фото молоденьких девочек [url=http://free-3x.com/]free-3x.com[/url]

Anonim mengatakan...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]windows software downloads, [url=http://firgonbares.net/]software canada review[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] coreldraw torrents www microsoft software
buy cheap software online [url=http://firgonbares.net/]software discount price[/url] 10 Advanced
[url=http://firgonbares.net/]to buy pirate software[/url] microsoft oem software ms office
[url=http://firgonbares.net/]buy peachtree software[/url] adobe software discounts for
oem software be [url=http://firgonbares.net/]all adobe softwares[/b]

Anonim mengatakan...

[url=http://sunkomutors.net/][img]http://sunkomutors.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]free educational software, [url=http://sunkomutors.net/]nero liquid tv[/url]
[url=http://sunkomutors.net/][/url] medical store softwares can i buy computer software
windows vista recovery disc [url=http://sunkomutors.net/]microsoft office college discount[/url] Adobe Acrobat 9 Pro
[url=http://sunkomutors.net/]childrens educational software[/url] educational discount on software
[url=http://sunkomutors.net/]quarkxpress free how to guide[/url] office 2000 "software
buy software cd [url=http://sunkomutors.net/]kid educational software[/b]

Anonim mengatakan...

[url=http://hopresovees.net/][img]http://hopresovees.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]softwares price, [url=http://bariossetos.net/]strengths and weaknesses of windows xp[/url]
[url=http://vonmertoes.net/][/url] a oem software discount software discount game
how to sell your software [url=http://hopresovees.net/]nero wolfe[/url] buy adobe photoshop cs3
[url=http://hopresovees.net/]acdsee 3 serial[/url] adobe photoshop cs3 extended 8.0 phone activation
[url=http://vonmertoes.net/]what photoshop to buy[/url] windows vista animated desktop background
software toronto canada [url=http://vonmertoes.net/]buy map software[/b]

Anonim mengatakan...

Hi!
You may probably be very interested to know how one can manage to receive high yields on investments.
There is no initial capital needed.
You may begin to get income with a money that usually is spent
for daily food, that's 20-100 dollars.
I have been participating in one company's work for several years,
and I'm ready to let you know my secrets at my blog.

Please visit my pages and send me private message to get the info.

P.S. I earn 1000-2000 per daily now.

http://theinvestblog.com [url=http://theinvestblog.com]Online Investment Blog[/url]

Anonim mengatakan...

Hi!
You may probably be very interested to know how one can make real money on investments.
There is no need to invest much at first.
You may begin to get income with a sum that usually goes
on daily food, that's 20-100 dollars.
I have been participating in one project for several years,
and I'll be glad to share my secrets at my blog.

Please visit blog and send me private message to get the info.

P.S. I make 1000-2000 per day now.

http://theinvestblog.com [url=http://theinvestblog.com]Online Investment Blog[/url]

Anonim mengatakan...

Find out The Most Important Big Methods To Successfully Strengthen Your Current Vertical Leap Over 12 inches In just 90 Days Here!

Anonim mengatakan...

What up everyone, I just created an amazing cite that talks about of Ray Allen on the Boston Celtics and how his game affects the whole league.
Basketball fans must check it out!!! Just Click Here

Unknown on 23 November 2018 pukul 13.24 mengatakan...

Semoga smk pertanian yg. Potensial ada di daerah Badung mampu menginspirasi generasi mellineal dalam kehidupan mereka sehari-hari. Mandiri, cerdas, dan berkelanjutan. Krn kemajuan pariwisata Bali merupakan benang rantai nya pertanian yg berkualitas.

 

JOHN KELIK Copyright © 2009 Not Magazine 4 Column is Designed by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts